78 Nama San Sekerta Beserta Gambarnya dan artinya



Banyak orang Indonesia yang suka ngasih nama anaknya dengan nama-nama dari Bahasa Kuno Sanskerta. Mungkin karena kedengarannya keren atau magis kali ya. Atau untuk melestarikan tradisi budaya. Tapi tau ngga sih artinya? Yuk disimak, cakep-cakep loh ternyata.

Bunda, Ayah, lagi cari nama anak buat si bayi? Sekalian deh dipilih.
*Ga nyangka ternyata banyak yang tertarik ya. Oke stay tune, akan aku tambahin terus daftar nama barunya di sini secara rutin*



































Q: Namaku kok ga ada?
A: Sabar yaa, hehe. Bakal aku update secara rutin. Jadi tunggu aja, besok-besok siapa tau udah muncul nama kamu.

Cekidot Mas Mba.. nama-nama dari bahasa Sanskerta yang mungkin bisa jadi pilihan Kamu-kamu semua.. keren dan ada artinya.. sundul gan.. yang mau comot silahkan..  Sumber: pradnya.paramita.handayani

Bajra atau Vajra berarti berlian atau halilintar. Bajra juga merupakan nama senjata atau alat upacara yang biasa dipakai dalam ritual-ritual Hindu, Buddha, dan Jain.

Yuda atau Yudha berarti perang atau pertempuran. Nama Yuda sering digunakan di lingkungan militer, misalnya Jaya Yudha atau Cakra Yudha.

Mahesa berarti tuan besar atau penguasa besar, berasal dari kata Maha dan Isa. Nama ini adalah salah satu dari nama Dewa Siwa. Dalam cerita wayang, terdapat juga raja kerbau yang bernama Mahesa.

Kemala atau Kamala (kadang juga ditulis Keumala, khususnya di Aceh) berarti teratai berwarna kemerahan. Dalam tradisi spiritual Timur, kemala adalah lambang kesempurnaan sehingga menjadi singgasana para dewa dewi dan buddha.

Adi berarti yang pertama, utama, atau paling besar. Nama ini biasanya diberikan pada anak pertama. Nama adi juga bisa disandingkan dengan kata lain, seperti Adi Karya yang berarti karya terbesar.

Agni berarti api. Agni juga adalah sosok Dewa Api dalam mitologi India. Nama Agni dapat diberikan pada anak laki-laki ataupun perempuan.


Aruna berarti fajar atau warna merah, karena fajar biasanya berupa semburat merah di langit. Nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki atau perempuan.

Bayu, atau Vayu, berarti angin. Bayu juga adalah sosok Dewa Angin dalam mitologi India dan Persia.


Cakra berarti roda. Nama ini biasanya bermakna filosofis mengenai gerak dalam diri, pikiran, maupun semesta.


Dipta berarti cerah, terang, atau putih. Dipta juga adalah nama lain dari Laksmi, Dewi Kemakmuran dalam mitologi India. Nama Dipta bisa digunakan untuk anak perempuan atau laki-laki.


Giri berarti gunung. Nama ini dapat disandingkan dengan kata lain, semisal Giri Tirta yang berarti air pegunungan.

Gita berarti lagu, kidung, atau nyanyian. Gita juga biasa digunakan untuk menyebut Bhagawad Gita (Nyanyian Tuhan), kitab yang berisi ajaran kebijaksanaan.

Indra berarti penguasa atau raja. Indra juga berarti pemilik tetesan, mengacu pada sosok Indra, dewa hujan dan penguasa surga (swargaloka).

Kirana berarti sinar. Nama Kirana dapat berdiri sendiri, dan dapat juga dipasangkan dengan kata lain. Seperti Surya Kirana yang berarti sinar matahari, dan Candra Kirana yang berarti sinar bulan.


Kusuma berarti bunga. Nama ini bisa diberikan pada anak laki-laki ataupun perempuan, serta dipasangkan dengan kata lain seperti Kusuma Wardhani atau Kusuma Wardhana.

Nama Bima berarti dahsyat, ganas, atau mengerikan. Salah satu tokoh wayang bernama Bima karena kedahsyatan kekuatannya.

Nanda berarti bahagia. Dalam kisah wayang, Nanda adalah nama ayah angkat Kresna  Krisna. Nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan.

Narayana berarti anak manusia. Nama ini juga menjadi julukan bagi Dewa Wisnu dan Krisna dalam mitologi India.

Nirmala berarti bersih atau murni. Nama ini biasanya diberikan pada anak perempuan. —

Paramita berarti kesempurnaan. Nama ini mengacu pada puncak keluhuran dari nilai-nilai yang diagungkan manusia. Seperti Pradnya Paramita yang berarti kesempurnaan hikmah.

Ratna berarti permata. Dapat disandingkan dengan kata lain seperti Ratna Sari yang berarti inti permata, dan Ratna Segara yang berarti lautan permata.

Santi atau Shanti (dibaca Syanti) berarti damai. Varian nama ini adalah Santika atau Shantika (kadang juga ditulis Cantika), yang bermakna doa untuk kedamaian.


Saraswati atau Sarasvati berarti aliran atau yang mengalir. Nama ini awalnya merupakan nama sebuah sungai di India, kemudian dikenal juga sebagai nama dewi ilmu pengetahuan dan seni.


Sudarsana berarti indah atau baik dipandang. Nama ini menyiratkan optimisme dan masa depan yang baik. Sudarsana juga merupakan nama salah satu senjata pamungkas Dewa Wisnu.

Sundari berarti cantik atau manis. Nama ini biasa dipakai anak perempuan.

Widya atau Vidya berarti kebijaksanaan. Nama ini biasa dipakai dalam lingkungan pendidikan, seperti Widya Tama dan Widya Mandala.

Wimala berarti suci atau tak bernoda. Nama ini lebih sering dipakai untuk anak perempuan.

Wira atau Vira berarti pemberani, pendekar, atau pahlawan. Nama ini biasa dipakai dalam lingkungan militer, seperti Wira Yudha dan Wira Bhakti.

Yuda atau Yudha berarti perang atau pertempuran. Nama Yuda sering digunakan di lingkungan militer, misalnya Jaya Yudha atau Cakra Yudha.

Apsari atau Hapsari berarti bidadari. Dalam cerita-cerita zaman dahulu kala, Apsari biasanya digambarkan sebagai para makhluk cantik yang berterbangan di kahyangan dengan selendang.

Budi atau Budhi berarti akal, pikiran, atau kecerdasan. Nama ini berhubungan dengan kata Buddha yang berarti pikiran yang tercerahkan.

Dana atau Dhana berarti kaya, kekayaan, atau uang. Nama ini sering dipakai dalam dunia ekonomi dan perbankan.

Ganesa atau Ganesha (dibaca Ganesya) berarti penguasa banyak hal, banyak elemen, atau banyak pasukan, berasal dari kata Gana dan Isa. Ganesa dikenal sebagai dewa ilmu pengetahuan dan penghalaurintangan yang berkepala gajah.

Aditya berarti putra Aditi. Dalam Kitab Purana, Aditya adalah sebutan untuk para dewa yang dilahirkan oleh Aditi, dewi penguasa alam raya.

Genta atau Ganta berarti lonceng. Nama ini bisa disandingkan dengan kata lain, semisal Genta Teruna

Atma berarti jiwa. Nama ini biasanya dirangkai dengan kata lain, seperti Atmawirya dan Atmadireja.

Hima atau Ima berarti salju. Pegunungan tertinggi di dunia yaitu Himalaya memiliki arti kediaman salju.

Surya berarti matahari. Surya juga berarti dewa matahari dalam mitologi India. Kata ini juga biasa digunakan untuk menyebut matahari secara puitis dalam Bahasa Indonesia.

Iswari berarti pemimpin, ratu, atau penguasa. Iswari adalah bentuk perempuan, bentuk laki-lakinya adalah Iswara. Nama ini juga bisa dipadatkan menjadi bentuk lain seperti Maheswari dan Nareswari atau Maheswara dan Nareswara.

Basuki atau Vasuki berarti sejahtera, bahagia, atau selamat sentosa. Dalam cerita perwayangan, Basuki adalah nama raja naga atau dewa naga yang disegani.

Kartika berarti keberhasilan, kebahagiaan, atau terang. Kartika juga adalah nama bulan dalam Kalender Saka, biasanya jatuh sekitar Oktober - November. Selain itu, Kartika juga adalah nama gugus bintang yang disukai masyarakat Jawa (Lintang Kartika/ Pleiades)

Sandi atau Sandhi berarti penyatuan atau penggabungan. Sandi merupakan istilah dalam tata bahasa Sanskerta. Selain itu, Sandi juga dapat berarti teka-teki atau rahasia

Kinari berarti manusia burung. Dalam cerita wayang, kinari adalah sejenis peri hutan, makhluk ajaib setengah manusia dan setengah burung yang menghuni hutan-hutan di Gunung Himawan. Kinari dikenal cantik, bersuara merdu, dan senang memainkan musik indah. Kinari adalah bentuk perempuan, bentuk laki-lakinya adalah Kinara.

Maya berarti bayang atau ilusi. Maya adalah kekuatan untuk berubah wujud menjadi makhluk lain. Maya juga adalah nama ibu dari Siddarta Gautama.

Sawitri atau Savitri berarti penghidup, pendorong, atau pembangkit. Sawitri adalah nama dewa matahari, atau nama putri dewa matahari. Nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Abimanyu berarti yang tak takut. Dalam cerita wayang, Abimanyu adalah putra Arjuna dan Subadra.


Candra atau Chandra berarti bulan. Candra juga adalah sosok Dewa Bulan dalam mitologi India. Candra Sengkala adalah istilah untuk kalender yang didasarkan pada peredaran bulan.

Rani berarti ratu. Nama ini juga bisa dirangkai dengan kata lain seperti Maharani yang berarti ratu besar.

Hutama atau Utama berarti yang terbaik, tertinggi, atau paling unggul. Hutama adalah bentuk laki-laki, bentuk perempuannya adalah Hutami atau Utami.


Satya atau Setya berarti kebenaran. Kata ini mengacu pada bentuk kebenaran tertinggi atau sejati. Satya juga dapat diartikan kesetiaan.

Tara berarti bintang. Dalam cerita pewayangan, Tara adalah putri Dewa Indra. Tara juga adalah nama Buddha perempuan dalam aliran Vajrayana yang melambangkan pembebasan.

Karuna, Karunia, atau Kurnia berarti belas kasih. Dalam filosofi Timur, Karuna adalah salah satu bentuk kasih tertinggi, yaitu kasih yang berusaha menghapus penderitaan makhluk lain.

Arya berarti mulia atau ningrat. Nama ini bisa berdiri sendiri atau dipadankan dengan kata lain, seperti Arya Teja.

Anindya berarti tak bercela atau sempurna.

Gayatri berarti sumber kekuatan, berasal dari kata Gaya yang berarti kekuatan/ energi.

Baruna, Waruna, atau Varuna berarti yang melingkupi atau mengitari. Baruna adalah nama dewa samudera dalam mitologi India.

Rangga berarti panggung, biasanya bermakna kiasan untuk menyebut dunia sebagai panggung kehidupan.

Hansa berarti angsa. Hansa adalah lambang kesucian dan juga kendaraan Dewi Saraswati.

Dwipayana berarti anak pulau, berasal dari kata Dwipa yang berarti pulau.

Komala berarti rumit, seperti pada ukiran atau gerakan yang mencirikan tingkat kehalusan serta ketinggian seninya.

Lalita berarti menawan atau menarik hati.

Purwa atau Purba berarti yang terdahulu atau lebih tua.

Ananta berarti tak berujung, tak terbatas, kekal, atau abadi.

Krisna, Krishna, atau Kresna berarti gelap atau biru tua. Dalam kisah wayang, Krisna adalah titisan Dewa Wisnu yang berkulit gelap kebiruan.

Mandala berarti lingkaran. Mandala juga berarti bentuk-bentuk geometri suci dalam tradisi spiritual India. Pondasi Candi Borobudur berbentuk mandala raksasa jika dilihat dari udara.  coba deh cari d FB, sacred geometry, nassem haramein. bagus loh isinya. katanya dunia ini sebenarnya geometri

Laksmana berarti pemilik tanda keberuntungan. Dalam kisah wayang, Laksmana adalah adik tiri Rama.

Baskara yang berarti berkilau atau bersinar.

Mega berarti awan.

Nala berarti batang. Dalam kisah wayang, Nala adalah suami Damayanti.

Ratri berarti malam.

Maitra atau Maitri berarti kasih sayang. Maitra adalah salah satu bentuk kasih tertinggi dalam filosofi India, yaitu kasih yang mengharap kebahagiaan makhluk lain.Padanan dalam Bahasa Pali yang juga sering digunakan adalah Metta.

Nilam berarti batu safir.

Damayanti berarti menaklukkan atau menundukkan. Dalam Kisah Mahabarata, Damayanti adalah seorang putri yang menaklukkan hati para dewa.

Winda atau Vinda berarti menemukan.

Prana berarti nyawa. Prana adalah kekuatan yang membuat jantung berdetak dan paru-paru bernafas.

Kalyani berarti menakjubkan atau indah. Kalyani adalah bentuk perempuan, bentuk laki-lakinya adalah Kalyana.

Arta atau Artha berarti kekayaan atau harta.

Sri berarti pancaran sinar. Sri juga bisa digunakan sebagai gelar penghormatan untuk para raja ratu dan dewa dewi.

Pranawa berarti doa. Pranawa melambangkan bunyi 'om', suara suci dalam tradisi spiritual India.

Rama berarti menyenangkan. Rama adalah tokoh utama dalam kisah Ramayana.

0 Response to "78 Nama San Sekerta Beserta Gambarnya dan artinya"

Posting Komentar