Aduhh, Nama Gadis Asal Yogyakarta Ini hanya: "Y"



Detik. Com- ADuh... Begini Sulitnya Punya Nama Satu Huruf.  Y (18) mengaku mulai mengerti ada yang tidak biasa dengan namanya saat mulai sekolah di bangku sekolah dasar dekat rumah. Teman-temannya sering bertanya kepadanya siapa nama panjangnya.

Sejak saat itulah, ayah Y, Slamet Sudiyono (49), menyiapkan nama yang sangat panjang untuk putri keduanya tersebut. Tak tanggung-tanggung, nama panjang untuk Y benar-benar super panjang sekali.

"Kata bapak, kalau ditanyai lagi jawab saja nama panjang saya adalah: Aiwinursiti Dyah Ayu Meganingrum Dwi Pangastuti Lestari Endang Pamikasih Sri Kumalasari Dewi Puspita Anggraeni," kata Y sambil tersenyum lebar.

Hal ini diceritakan Y saat ditemui di sekolah tempatnya belajar yaitu SMKN 2 Yogyakarta, Jl AM Sangaji, Selasa (8/9/2015).

Y menyebutkan nama panjangnya itu dengan sangat fasih dan cepat. Dia mengaku tidak kesulitan untuk menghafalnya nama yang panjang itu. Dirinya mengaku sering menemui kesulitan gara-gara namanya yang hanya satu huruf. Murid perempuan SMKN 2 Yogyakarta itu sering menemui kesulitan untuk urusan dunia nyata maupun maya.

Y memang sering menemui kesulitan saat berurusan dengan pembuatan akun, khususnya di internet. Dirinya sering kesulitan mengisi pendaftaran online atau membuat akun di media sosial karena namanya memang cuma satu huruf.

Y bahkan terpaksa menulis namanya yang lain agar bisa punya akun di Facebook. "Pas bikin (akun) Facebook itu nggak bisa sulit sekali, karena cuma satu nama saja. Facebook tidak menerima nama cuma satu huruf. Aku Akhirnya pakai nama Yeye," katanya.

Tak hanya itu saja, Y juga kesulitan saat mendaftar di SMP 16 Yogyakarta. “Saya dulu sempat dibentak. Katanya ini dilengkapi dulu namanya nanti baru daftar. Lah emang namanya cuma Y begitu kok," ujar anak kedua dari empat bersaudara itu. Dirinya Nggak mau ganti nama. Katanya sih memang kalau cuma satu huruf nggak bisa keluar negeri ya, bikin paspornya susah, tapi itu nanti aja itu urusannya," tutur perempuan kelahiran 1997 itu.

Saat akan masuk SMKN 2 Yogjakarta, Y juga menemui kesulitan serupa sama ketika seperti waktu di SD. Petugas pendaftaran sampai harus memanggil ibunya untuk menjelaskan nama Y.

Akhirnya orang tua Y lalu menunjukkan akta kelahiran putrinya terebut. “Ya akhirnya baru percaya deh nama saya memang Y," tandasnya.

Di dalam keluarganya, Y merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Kakaknya bernama Danar Winurseto. Sedangkan adiknya bernama Pinastiko dan Muhammad Abdul Aziz. 

"Kalau kakak sama adik namanya biasa saja namanya, saya sendiri yang memiliki nama yang beda," ujar gadis berjilbab kelahiran 7 Desember 1997 itu. Hayoo, siapa yang mau nikah sama gadis cantik ini??   Memiliki nama yang hanya terdiri dari satu huruf saja memang unik dan menantang, Y beberapa kali harus berinovasi ganti nama. Sekali waktu dia mengubahnya menjadi Yee dari Yeye. Mengapa?

"Pas saya ikut lomba desain poster di sekolah, mendaftarnya online. Nggak bisa deh kalau cuma satu huruf. Jadi saya tulis Yee," ujarnya sambil tersenyum lebar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Aduhh, Nama Gadis Asal Yogyakarta Ini hanya: "Y""

  1. itu nama yang unik dan bagus.
    jangan di ganti nama mu ya Y.

    BalasHapus