Ingat Lho !! Sebenarnnya tidak yang disebut nama bayi Islami



Perlu saya garis bawahi bahwa sesungguhnya yang di sebut nama bayi Islami itu tidak ada. Apakah bayi yang bernama Abdullah itu Islami? saya katakan TIDAK.

Kata abdullah sendiri merupakan kata yang sudah lama di pakai oleh bangsa Arab sebelum Islam datang. Ada bayak orang kristen di Arab yang memakai kata Abdullah. Bahkan nama Presiden Amerika Serikat pun sebenarnya adalah Barack Husein Obama.

Apakah Presiden Obama beragama Islam karena memakai kata Husein?? (Baca juga: Bagaimanakah Sebenarnnya Cara Pemberian Nama Anak Menurut Islam)

 Pada era kerajaan pra-Islam seperti Kerajaan Himyar dan Askum juga banyak para tokoh Arab Kristen dan Yahudi yang nama-namanya sangat “Islami”, eh maaf, sangat “sangat Arab” atau bahkan “sangat Yahudi” sebut saja Abdullah bin Abu Bakar bin Muhammad, seorang panglima Kristen yang gagah perkasa yang menjadi martir di Najran pada 523 M.

Begitu pula Al-Harith yang dikenal dengan nama Santo Arithas yang juga tokoh Arab Kristen terkemuka pra-Islam. Sejarawan Muslim Ibn Hisham dan Ibnu Ishaq juga mencatat nama-nama tokoh Arab Yahudi seperti yang terkenal adalah Dhu Nuwas alias Yusuf Ibn Sharhabil, seorang warlord dari Yaman. Nama “Yusuf” memang “sangat Yahudi” bukan “Islami” karena Yusuf adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Yahudi.


Selain Abdullah, ciri-ciri nama-nama Arab Kristen lain adalah menggunakan kata “Abdul Yasu’, Abdul Masih, dlsb. Salah satu tokoh heorik Arab Kristen pada waktu perang sipil Libanon bernama Kamil Nimr Shamun. Nama-nama beken Arab Kristen lain seperti Ilyas Syakur (Uskup Yarusalem), Makram Khouri (artis), Amil Habibi (penulis), Dawud Turki (sastrawan), Hisyam Zuraik (sutradara), dlsb.

Coba perhatikan, nama-nama mereka ini “sangat Islam” atau “sangat Arab”? Nama-nama Arab Kristen yang dipengaruhi tradisi Roma-Eropa baru muncul belakangan seperti George Habbash (seorang tokoh Arab Kristen di Palestina yang mendapat sebutan “al-Hakim”) atau Charles Halu (mantan Presiden Libanon yang seorang Arab Kristen Maronite).

Sebuah nama di sebut nama bayi islami atau nama bayi perempuan islam modern adalah tergantung apakah nantinya anak yang menyandang nama tersebut bisa sukses dan bahagia dalam menjalankan fungsinya sebagai khalifah dalam hidupnya?.


Apakah akan tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat atau tidak?. Meskipun mungkin anak itu bernama "jelek" namun apabila ternyata nama itu "PAS" dan membuatnya bisa mengambil jalan tengah dalam hidupnya, maka bisa di pastikan nama itu adalah nama Islami. Nabi sabdakan :

   ﺧَﻴْﺮُ ﺍْﻷُﻣُﻮْﺭِ ﺃَوْﺳَﻂُﻬَﺎ


Artinya :
“Sebaik-baiknya urusan (perbuatan) adalah yang pertengahan”. (HR. Ahmad).


Memberikan nama utuk bayi kita sebenarnnya adalah hal-hal yang susah namun gampang. Meskipun kita sudah mencari ide banyak nama di internet terkadang kita malah tambah bingung. Kita di internet sering mencari nama bayi laki-laki yang baru lahir, entah itu nama laki-laki maupun nama perempuan.

Sebagian mencari nama bayi perempuan islam modern, sebagian lagi mencari nama bayi perempuan kristen, sebagian lagi mencari nama bayi perempuan islam yang sedang terkini. Namun apakah ada jaminan bahwa nama itu baik? Dari mana kita mengukurnya bahwa nama itu baik??

Jika kamu-kamu percaya pada pengobatan-pengobatan tradisional yang berdasarkan konsep energi chi, saya sarankan kamu-kamu semua juga percaya bahwa nama juga membawa pola energi tertentu juga yang mempengaruhi kesehatan.

Jika kita belajar sejarah, dahulu Pak Soekarno bernama KUSNO, namun karena sakit sakitan akhirnnya Beliau di ganti nama menjadi Soekarno. Itu cukuplah bukti bahwa nama membawa energi tertentu. (Baca Juga: Nama adalah energi, Nama Bukan Sekedar Kata Biasa )

Konsep yang kita bawa di sini, di jasapembuatnama.com adalah konsep yang sama yang para nenek moyang kita lakukan. Dengan berdasarkan perhitungan hindia kuno (3000SM) dan teori kosmologi modern (Eropa 500SM) kami berusaha memberikan pelayanan Jasa "pesan nama bayi" dengan profesional.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak selalu nama yang enak di dengar itu bagus energinya. Walaupun ini belum pasti. Bisa jadi justru malah destruktif dengan kondisi energi sang anak. Kamu-kamu para ibu-ibu muda dan bapak-bapak muda mungkin sudah mencari nama bayi perempuan jepang, nama bayi perempuan spanyol, nama bayi perempuan arab, atau mungkin sampai mencari nama bayi perempuan sansekerta, nama bayi jawa, nama bayi yunani, bahkan mungkin ada yang mencari nama bayi Islami. Nama apapun itu sebenarnya bagus, asalkan dibuat berdasarkan kaidah-kaidah dan aturan-aturan yang logis dan valid.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ingat Lho !! Sebenarnnya tidak yang disebut nama bayi Islami"

  1. Masuk akal banget.
    Diluar sana msh bnyk orng awam yg tidak mmpercayai kalau nama itu sangat berpengaruh dgn orng yg menyandangnya.
    Mgkn krn ilmu pengetahuan ini blm sampai ke mereka.
    Ayo Pak Guru ajari kami..

    BalasHapus