21 Nama-Nama Hokkien beserta ilustrasi gambarnya



©Mita Handayani- Edisi kali ini aku persembahkan untuk teman-teman keturunan Cina.

Berhubung kebanyakan etnis Cina di Indonesia dan Asia Tenggara (Malaysia, Singapura, Filipina) berasal dari daerah berbahasa Hokkien, maka album ini kubuat dengan Bahasa Hokkien.

Nama Cina biasanya terdiri dari tiga kata, yaitu satu nama marga dan dua nama diri. Misalnya, seorang bayi laki-laki diberi nama Kim Liong (Naga Emas). Kemudian nama keluarga/ marganya adalah Tan. maka namanya menjadi Tan Kim Liong.

Tapi pemberian nama kadang bisa lebih rumit lagi, misalnya diambil dari puisi tertentu atau apa gitu ya, aku juga kurang ngerti, hehe. Silakan konsultasi ke keluarga masing-masing.

Nama-nama Cina ini dulu mulai ditinggalkan di Indonesia karena adanya kebijakan diskriminasi semasa rezim Suharto yang melarang nama-nama Cina. Tapi sekarang sudah reformasi, semua sudah bebas. Jadi ngga ada salahnya kan untuk generasi baru kalau memang berminat pakai nama-nama ini lagi. Maaf baru sedikit ya namanya, hehe.

Catatan: aku bukan Tionghoa, nama-nama ini kukumpulkan dari banyak referensi dan masukan. Kalau ada yang salah, mohon dikoreksi yaa.

Teman-teman suku lain yang mau dibuatkan album seperti ini juga, silakan kirim daftar nama + artinya ya ke aku.

Hok berarti berkat atau rezeki.

Ceng berarti bersih, jernih, atau suci.

Liong berarti naga.

Hai berarti laut.

Cu berarti mutiara.

Kiong berarti istana.

To berarti bumi.

Guek berarti bulan.

shui berarti air.

Jin berarti kebaikan, kebajikan, atau perbuatan baik.

Tien berarti langit.

Ik berarti melimpah.

Beng berarti terang, cerah, atau jelas.

Kim berarti emas atau logam.

Cai berarti kemakmuran atau kekayaan.

Giok berarti batu giok (jade).

Lip berarti membangun.

Chun berarti tampan.

Cun berarti musim semi atau musim bunga.

Sim berarti hati.

Tet berarti bijaksana.

Lien berarti teratai.

Pemberian mandarin tidak sembarangan di kasi oleh orang tua kita. Ada arti dan silsilah yg harus di pakai. Tujuannya tentu pada saat di ucapkan enak di dengar dan sesuai karakter seseorang. Urutannya dari marga kemudian nama awal dan nama akhir. Marga menunjukkan dia berasala dari keluarga bapak/ayah. Nama awal menunjukkan dia adalah generasi berikut dari marga yg di pakai agar bisa di ketahui jika di buat pohon silsilah keluarga. Untuk nama awal ini 1 generasi harus sama jika memiliki lebih dari 1 anak. Boleh di bedakan asal beda jenis kelamin. Karena ada nama-nama yg cocok untuk cowok blm tentu cocok untuk cewek. Generasi berikutnya juga harus memakai nama awal yang sama tetapi berbeda dari generasi sebelumnya. kemudian nama akhir di sesuaikan dgn nama awal agar enak di ucap dan memiliki arti yg indah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Nama-Nama Hokkien beserta ilustrasi gambarnya"

Posting Komentar