Apa Arti Max, Nama Anak Mark Zuckerberg?



Liputan6.com, London - Mark Zuckerberg resmi jadi seorang ayah setelah istrinya, Priscilla Chan, melahirkan bayi pertama mereka pada awal pekan lalu dan diberi nama Maxima Chan Zuckerberg.

Mark dan Chan memanggil putri mereka: Max. Mereka tidak mengungkap secara pasti tanggal kelahiran Max, tetapi mengungkap bobot Max ketika lahir, yakni 3,4 kg.

Pada 1 Desember 2015, Zuckerberg mempublikasi surat yang ditujukan kepada anaknya. Dalam surat tersebut, ia berkata telah merenungkan banyak hal dan berjanji untuk memberi hartanya dalam kegiatan filantropi. Sang istri, Priscilla Chan belum lama ini melahirkan bayi cantik yang bernama Maxima Chan Zuckerberg.

Bayi yang lahir pada pekan lalu seberat 3,5 kilogram dipanggil dengan nama Max. Ternyata nama ini tidak terlalu populer di Amerika Serikat. Berdasarkan data babycenter.com hanya ada 12 bayi diantara satu juta bayi bernama Max serta tidak pernah masuk menjadi 1000 nama anak perempuan populer di Amerika Serikat. Namun, banyak pihak yakin popularitas nama Max akan menanjak. Kendati begitu belum diketahui pasti alasan kenapa Zuckerberg memilih menggunakan nama Max. Nama ini cukup terkenal di kalangan artis. Seperti dikutip lama Baby Names beberapa artis yang menggunakan nama tersebut buat anaknya yakni Steven Spielberg, Herny Winkler dan Christina Aguilera.

Mungkin Zuckerberg terinspirasi memberi nama Max karena arti dibaliknya. Nama ini merupakan versi perempuan dari Maximus dari bahasa Latin yang berarti terbesar seperti dikutip laman Daily Mail, Sabtu (5/12/2015).

Lalu, sebuah situs di Amerika Selatan juga mengartikan nama Max sebagai 'keajaiban pekerja'. Hal ini terkait dengan kebaikan hati Mark yang memberikan 99 persen sahamnya di Facebook untuk kemajuan pendidikan dan kesehatan. 

Nama ini juga dikait-kaitkan terinspirasi dengan Ratu Maxima dari Belanda. Wanita ini adalah istri dari Raja Willem Alexander yang lahir di Buenos Aires.

“Max, kami mencintaimu dan merasa bertanggungjawab besar untuk meninggalkan dunia jadi tempat yang lebih baik untukmu dan semua anak-anak. Semoga kamu mendapatkan kehidupan yang penuh cinta, harapan, dan sukacita. Kami tidak bisa menunggu untuk melihat apa yang kamu bawa ke dunia ini,” tulis Zuckerberg.
“Kami tahu ini hanya sumbangan kecil dibandingkan dengan semua sumber daya dan bakat yang diberikan oleh mereka yang bekerja pada isu-isu tersebut. Tapi kami ingin melakukan apa yang kami bisa, bekerja bersama banyak orang,” tulis Zuckerberg.

Pria 31 tahun ini berjanji bakal mendonasikan 99 persen sahamnya di Facebook yang diperkirakan bernilai US$ 45 miliar atau Rp 618 triliun, untuk kegiatan filantropi seumur hidup.

Pada tiga tahun ke depan, Zuckerberg akan menjual sahamnya senilai US$ 1 miliar dan memberikannya untuk amal.

Dana tersebut bakal dimanfaatkan untuk amal pada isu kesehatan, pendidikan, akses Internet, dan “memajukan potensi manusia serta mempromosikan kesetaraan.


Zuckerberg saat ini masih menjadi pemegang saham mayoritas di Facebook, yang nilainya mencapai US$ 303 miliar. Ia masih akan mempertahankan posisi sebagai pemegang saham mayoritas di Facebook di masa depan.

Mark Zuckerberg akan cuti dua bulan untuk asuh anak

Pemimpin Eksekutif Facebook Inc Mark Zuckerberg (31) mengatakan dia akan cuti selama dua bulan setelah anak perempuannya lahir.

"Ini keputusan yang sangat personal," tulis Zuckerberg di halaman Facebook dia bersama gambar kereta bayi kuning dan anjingnya Beast.
"Studi menunjukkan bahwa ketika orangtua bekerja meluangkan waktu bersama bayi mereka, hasilnya lebih baik bagi anak-anak dan keluarga," kata Zuckerberg, yang pada Juli mengumumkan bahwa dia dan istrinya Priscilla Chan sedang menantikan bayi perempuan.

Namun dia tidak menyebutkan kapan anaknya akan lahir. Dia juga tidak menyatakan siapa yang akan menjalankan perusahaan saat dia cuti.

Facebook, jaringan sosial daring terbesar dunia, mengizinkan karyawannya cuti sampai empat bulan untuk mengasuh anak dan tetap memberikan gaji kepada mereka yang mengambil cuti yang bisa diambil sekali atau sepanjang tahun pertama kehidupan anak mereka.

Kebijakan cuti mengasuh anak untuk karyawan Facebook itu tergolong cukup murah hati menurut standar Amerika Serikat.

CEO Yahoo Inc Marissa Mayer hanya cuti dua pekan setelah anak pertamanya lahir tahun 2012, dan ketika dia mengandung anak perempuan kembar identik pada September dia mengatakan hanya akan mengambil cuti terbatas.

Tulisan Zuckerberg di Facebook pada Jumat (20/11) tentang rencana cutinya untuk mengasuh anak menarik lebih dari 50.000 'suka' dalam satu jam dan hampir 3.000 komentar.

Keputusan Zuckerberg masih tidak biasa di kalangan pejabat eksekutif perusahaan teknologi dan jelas akan mengirimkan pesan tentang kebijakan cuti mengasuh anak dan keseimbangan kehidupan-kerja.

Banyak yang memuji keputusannya dan menyebut itu akan mengirimkan pesan positif tentang kebijakan cuti orangtua Amerika Serikat, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Arti Max, Nama Anak Mark Zuckerberg?"

Posting Komentar