4 Tips Memberi Nama dari Quraish Shihab


-- 
Tips memberi nama dari Quraish Shihab . Keempat anak beliau diberi nama dengan awalan huruf “N”. yaitu,

1. Najeela (terbuka, agar menjadi sosok yang terbuka pada kebaikan dan kebenaran, terbuka pada ilmu pengetahuan, lapang dada, dan memiliki wawasan yang jauh ke depan)

2. Najwa (Percakapan atau bisikan, agar pandai bercakap, mudah dimengerti, dan cerdas dalam berbincang dengan siapa saja)

3. Nasywa (Puncak kegembiraan, ia lahir ketika Prof. Quraish meraih puncak gelar akademik, yaitu doktor bidang ilmu tafsir menjawab permintaan ayah beliau)

4. Nahla (Sumber kebajikan, dan kemanfaatan, dengan harapan semoga anaknya yang satu ini menjadi sosok yang menebar kebajikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan orang banyak). 


Adapun mengapa semua diawali dengan huruf “N”, Beliau menjawab, karena nun adalah huruf yang istimewa. Huruf nun yang mengawali firman Allah swt. di surah al-Qalam itu sebagai sumpah dari Allah, bahwa Nabi Muhammad berakhlak mulia dan untuk menepis tuduhan-tuduhan palsu para penentangnya. AL Qalam artinya pena. Pena adalah sumber pengetahuan.


“Nun” juga mengandung makna yang positif, seperti najah (sukses), nikmat (pemberian) , nur (cahaya) atau nashr (pertolongan). Adapun anak keempat beliau yang diberi nama Ahmad (yang amat terpuji, sesuai dengan nama dan sifat Rasulullah saw.).  Walaupun kata Nar (neraka) juga berasal dari huruf "N".

Banyak orang tua sekarang  yang kurang memiliki teori dalam memberi nama anaknya, ikut-ikut nama artis, nama barat,  atau memberi nama anaknya dengan bahasa arab dikiranya kalau sudah bahasa arab sudah Islami tanpa tau arti dalamnya.

Tidak mengherankan jika muncul sebuah cerita bahwa pernah seorang ibu mengaku-ngaku bahwa nama anaknya berasal dari Al-Qur’an. Katanya, nama anaknya Toni, setelah ditelusuri ternyata yang ada dalam Al-Qur’an adalah kata “Syaithon”. Yang diambil cuman setengah, sehingga jadilah “Toni”.

Nama adalah doa, ekspresi harapan orang tua kepada generasi pelanjutnya”. Selain itu, nama juga sangat berpengaruh bagi kepercayaan diri mereka.  

Memang walaupun apabila kita berikan nama lain untuk bunga melati,  bunga melati akan tetap berbau wangi.  Namun Dalam bukunya The Hidden Message in Water, Dr. Masaru Emoto menguraikan bahwa kata kata bisa mengubah  struktur air. Termasuk struktur air yang ada di dalam tubuh kita.

Di dalam Al Quran ada empat belas huruf yang dijadikan singkatan, di antaranya adalah Alif, Lām, Mīm, Ṣād, Rā, Kāf, Ḥā, Yā, ‘Ain, Ṭā, Sīn, Hā, Qāf, dan Nūn. Huruf Al-Muqatta‘at di atas memiliki substansi, tujuan, dan hikmah yang agung. Huruf N (nun) yang dijadikan dasar oleh Quraish Shihab barulah satu kata. Masih ada 13 huruf lain yang penuh kekuatan dan rahasia. Yaitu A, L, M, S, R, K, H, Y, T, Q.

Tertarik dengan nama awalan 'NUN" ini pilihannya:
naashir
nabiel
nabih
naji
naqib
nashshar
nasir
nasri
natiq
nayab
nayazka
nejad
nessim
nithar
nuh
naadirah
nabiilah
nadia
nadira
nadra
nafhah
naima
najdah
najla
najmah
naseeka
nashmia
nasmah
nasyama
nasywa
navisha
nazilat
naamah
neeshad
nibal
nikmah
nikmatunkhoiroyah
nisrin
nouf
noureen
nursiti
nurush









0 Response to "4 Tips Memberi Nama dari Quraish Shihab "

Posting Komentar