12 Nama Asli Artis Indonesia yang ganti nama





Grid. ID – Karena Berbagai Alasan, Artis-artis  Harus Mengganti Nama Asli. Mengganti nama juga merupakan sebuah harapan baru bagi sejumlah selebriti Indonesia. "Bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam juga biasa mengganti nama yang jelek, Jika memang nama tersebut tidak bagus atau mempunyai arti yang tidak baik. Artis-artis ini merasa bahwa namanya memang kurang cocok untuknya, sehingga mereka pun mengganti nama.

Pernah dengar kata-kata dari pujangga William Shakespeare yang berbunyi 'apalah arti sebuah nama?' Kalau dilihat dari makna mungkin iya, namun ada sisi lain yang tidak benar sepenuhnya. Kiranya begitulah yang banyak artis rasakan saat menyoal mengenai nama. Nama sendiri adalah sebuah hakikat. Beberapa Seleb Ganti Nama Secara Resmi Lewat Jalur Pengadilan. Pokoknya Ada banyak alasan mengapa orang harus mengganti nama. Alasannya, bisa karena keluarga, dll.

Ada orang bernama Kentut Ganti Nama Jadi Ihsan Hadi. Nama Ihsan Hadi dipilihnya karena merupakan pemberian guru mengajinya ketika berusia 6 tahun. Nama itu artinya 'Petunjuk yang Bagus'. BUkan hanya orang, bahkan ada beberapa nama grup band yang sempat berganti nama.


Kamu mungkin sudah enggak asing lagi dengan sederet nama artis tanah air seperti Julia Perez, Yuni Shara , Ayu Ting Ting atau Zaskia Gotik, kan?

Dari beberapa nama artis yang sudah terdengar familiar, ternyata mereka tidak menggunakan nama asli loh. Nama yang mereka sandang saat ini, ternyata tak lebih dari sekadar ‘nama panggung’ yang dipakai agar lebih mudah diingat oleh publik.

Nah, kamu sudah tahu belum nama asli mereka?

1. Ainur Rokhimah

Sebenarnya, kamu enggak perlu jadi penggemar musik dangdut untuk tahu nama asli Inul Daratista ini.

Sebab, nama asli Inul sebenarnya sudah beberapa kali disebutkan dalam pemberitaan media massa lokal.

Inul pertama kali dikenal karena memiliki goyangan khas, yaitu ‘Goyang Ngebor’, yang saat itu jadi kontroversi.

2. Siti Khodijah

Nah, coba tebak, ini nama asli siapa ya?

Nyerah? Ternyata ini adalah nama asli artis senior yang belakangan anak laki-lakinya sedang jadi pembicaraan.

Ya! Ayu Azhari!

Nama Ayu Azhari belakangan ini tiba-tiba mencuat karena salah satu anak laki-lakinya, Sean Azad, diamankan pihak BNNP DKI Jakarta karena narkoba.

3. Wahyu Setyaning Budi

Yuni Shara adalah pemilik nama asli Wahyu Setyaning Budi.

Penyanyi kelahiran Malang, Jawa Timur ini sempat menjadi bulan-bulanan media karena kisah asmaranya dengan Raffi Ahmad.

Tak seperti artis lainnya, Yuni Shara tetap memajang nama aslinya dalam akun media sosialnya loh. Salut!

4. Syurkianih

Kamu pasti tahu dong Zaskia Gotik? Nah, Syurkianih adalah nama aslinya.

Awalnya, Zaskia menggunakan nama Zaskia Shinta sebagai ‘nama panggungnya’.

Nama itu dia dapat dari sang produser yang memolesnya hingga kini menjadi seorang artis terkenal. Tapi, semenjak goyangan Zaskia yang diberi nama ‘Goyang Itik’ terkenal, Zaskia Shinta lebih  dikenal publik dengan nama Zaskia Gotik alias Zaskia Goyang Itik!

5. Rini Fatimah Jaelani

“Maju mundur cantik.. cantik..” tahu dong jargon unik itu punya siapa? Ya! Syahrini!

Syahrini mulai dikenal publik ketika berduet dengan Anang Hermansyah.

Saat berduet dengan Anang, nama ‘Syahrini’ memang sudah dia pakai.

Menurutnya, nama ‘Syahrini’ membawa keberuntungan besar dalam karier dan kehidupannya.

Terbukti sih. Setuju kan?

6. Derita Kismiarti

Mungkin kamu yang lahir sebagai generasi millennials kurang akrab dengan nama penyanyi yang satu ini.

Tapi, enggak ada salahnya kan mengenal artis lokal yang juga punya talenta maksimal.

Dia adalah penyanyi yang ngetop di era tahun 1980-an, Rita Sugiarto!

Kalau kamu adalah penggemar acara ‘Dangdut Academy’ yang tayang di Indonesia, pasti kamu enggak asing dengan wajahnya.

Nama panggung Rita Sugiarto diperoleh dari sang produser yang mengorbitkannya hingga Rita dikenal sebagai diva dangdut di masanya.

Rita pernah dicemooh loh karena nama aslinya. Sedih deh!

7. Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma

Nah, coba kamu baca nama di atas dan hapal dalam sekali baca deh, bisa?

Haha! Nah, sekarang coba tebak, siapa pemilik nama asli sepanjang itu?

Kamu nyerah? Dia adalah seniman serba bisa, Dik Doank.

Dik Doank dikenal sebagai seniman yang sangat peduli dengan lingkungan sosial dan pendidikan anak-anak.

Terbukti, di rumahnya, Dik mendirikan sebuah sekolah alam gratis yang diberi nama Kandank Jurank Doank, yang berlokasi di kawasan Ciputat.

8. Samijan

Nah, kamu tahu enggak pemilik nama asli ini? Hihi!

Dia adalah vokalis yang punya ciri khas selalu memakai kaca mata super besar berwarna gelap ketika manggung.

Salah satu lagu yang dipopulerkannya berjudul ‘Jujur’.

Nyerah? Dia adalah Ian Kasela.

Menurut informasi, nama ‘Kasela’ merupakan singkatan dari ‘Kalimantan Selatan’, tempat dia dilahirkan.

Oke, sip!

9. Teuku Adifitria

Nah, kamu pasti salah satu penggemar suara unik solois ini deh!

Selain aktif menjadi seorang penyanyi, dia juga seorang dokter loh!

Iya benar! Teuku Adifitria adalah nama asli dari penyanyi kelahiran Aceh, Tompi.

Kalau diartikan, Tompi itu adalah ‘pekerjaan yang sempurna’, ‘kebaikan’dan’ kesopanan’.

Wah, arti nama panggungnya bagus banget ya?

10. Deddy Cahyadi Sundjoyo

Nah, kalau artis yang satu ini lagi getol banget bikin video komedi singkat di Instagram.

Judul komedi yang dia garap bareng Chika Jessica ini, dia kasih judul ‘Me and My Boss’.

Sudah bisa tebak dong ya. Benar!

Deddy Cahyadi Sundjoyo adalah nama asli dari Deddy Corbuzier!

11. Ahmad Ashadi

Coba, kamu tebak ini nama asli siapa sih?

Dia disebut sebagai artis dan komedian serba bisa yang dimiliki Indonesia.

Selain bernyanyi, dia juga bermain dalam sejumlah film pada eranya dan mahir membawakan acara.

Dorce sempat melihat gunung Gamalama di sana.

Setelah naik haji, Dorce juga menambahkan nama, Halimatussadiyah.

12. Kurniaty Kamalia

Terakhir nih, dia adalah artis cantik yang sebelumnya menjadi model Gadis Sampul.

Saat ini, dia sudah memiliki seorang anak dan suami yang super ganteng bernama Christian Sugiono. Yes! Dia adalah Titi Kamal.

Jadi, berapa nama asli artis yang berhasil kamu tebak?


----

Ganti Nama Biar Lebih Hoki, Artis Pun Konsultasi

detik. com- Para artis biasanya banyak yang berkonsultasi sebelum mengubah nama mereka. Tak sedikit pula yang mendatangi dukun atau paranormal agar mendapat masukan nama yang lebih hoki.

"Nah kalau itu bisa mungkin juga sih, kalau pun sampai ganti nama via paranormal mungkin itu biar buat makin sugestinya makin bagus aja. Padahal nama juga nggak patokan buat artis makin terkenal," kata manajer artis beken, Tata Liem kepada detikHOT.

Padahal, menurut Tata, tak jaminan memang artis bisa langsung hoki ketika mengubah namanya. Tapi hampir 80 persen artis Tanah Air memang percaya perubahan nama berpengaruh untuk karier.

"Ada juga yang nggak top juga walau namanya dah diganti. Pastinya nama itu sangat pengaruh bagi dunia entertainment," katanya.

"Nggak hanya di Indonesia artis luar negeri juga pakai nama hoki mereka kebanyakan bukan nama asli mereka, sprti Marilyn Monroe yang nama aslinya Norma Jane kan," jelas Tata.

---

Agustina Hermanto Berganti Nama Jadi Tina Toonita?

"Mama.. Bolo-bolo.. Papa Bolo-bolo...," lirik itu begitu identik dengan penyanyi cilik Tina Toon. Tubuh gembul dan pipi bulat menjadi ciri khas dari Tina semasa kecil.

Tapi kini image itu sudah sirna dari sosoknya. Tina Toon juga berganti nama menjadi Tina Toonita. Bagaimana cerita wanita bernama asli Agustina Hermanto itu bergonta-ganti nama?

"Kalau Agustina jadi Tina Toon dulu waktu kecil pas 'Bolo-bolo' itu dari Om Papa T Bob yang nyiptain lagunya. Dari Agustina diambil Tina. Terus ditanya suka kartun nggak aku bilang suka dan dulu ada Tiny Toon, diambil Toon-nya jadi Tina Toon," urainya kepada detikHOT, Senin (17/3/2014).

Tina mengaku percaya dengan hoki nama panggung. Saat berganti nama mengganti nama belakangnya menjadi Toonita di usia dewasanya kini, Tina pun menyesuaikan dengan lagu dan genrenya yang semakin lebih mature.

"Untuk Tina Toonita dari Tina Toon, kemarin bikin single 'Ku Wanita'. Pas udah gede banyak yang recommend kok nggak ganti nama? Biar image ganti, jadi aku tambahin aja Tina Toonita karena juga biar tetep ada Tina Toon-nya yang udah nggak bisa hilang tapi lebih panjang. Semoga rezekinya juga lebih panjang," paparnya.

Kini total, Tina sudah dua kali pergantian nama. Meski begitu, ia tak berniat untuk benar-benar mengubah nama aslinya.

"Justru unik, karena pada saat di panggung nama aku Tina Toonita, dan pada saat di luar untuk sekolah dan kerjaan atau bisnis nama aku Agustina. Jadi nggak kecampur dan beda-beda, dan pastinya membuat aku juga sadar kalau Tina Toonita kan nama panggung," jelasnya.


--

Pakai Nama Bahar, Ani Setyawati Pun Melejit
Anda kenal dengan pedangdut Ani Setyawati? Mungkin nama itu terdengar asing. Tapi bagaimana dengan Annisa Bahar?

Dua nama itu adalah orang yang sama. Annisa Bahar memang merupakan nama panggung sekaligus nama hoki bagi Ani.

"Aku namanya pernah pake nama asli Ani S Bahar, pernah juga pake Anniza. Ya udah akhirnya papaku kasih nama, papaku bilang Annisa Bahar aja," katanya saat berbincang dengan detikHOT, Senin (17/3/2014).

Menurutnya, nama itu begitu berpengaruh bagi dirinya. Bahkan karena nama tersebut, kariernya langsung melejit.

"Dulu yang kasih produser," ungkapnya.

Annisa pun percaya, nama memang membawa hoki bagi pelakon dunia hiburan. Ia yang pernah memakai nama asli saat terjun ke panggung dangdut merasa kariernya biasa-biasa saja.

"Subjektif sih. Tapi itu kenyataan yang udah aku jalani dulu. Ternyata nggak meledak albumnya. Terus pakai nama Annisa Bahar, tahun 2002 meledak albumnya," aku Annisa.

---

Dari Budi Prihatin ke Budi Anduk

Pelawak Budi Anduk bernama asli Budi Prihatin. Pria berambut kriwil itu punya cerita bagaimana dirinya berganti nama. Seperti apa?

Budi mengungkapkan, dahulu dia hanya bekerja sebagai koordinator penonton bayaran. Karena selalu keringatan, ia tak pernah ketinggalan membawa handuk kecil.

"Jadi pertamanya kan saya sering keringetan kalau kerja, nah buat ngelap keringet saya bawa anduk terus. Jadi sampai sekarang dipanggil Budi Anduk," ungkap Budi ditemui di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (13/3/2014).

Nama tersebut hingga kini berpengaruh besar dalam karier Budi. Berawal dari nama tersebut, karier Budi ke dunia hiburan seolah begitu dimudahkan.

"Disyukuri banget, saya kan pertama kali ke dunia seni ini dengan nama itu. Ya mungkin orang kenalnya nama Budi Anduk ketimbang nama asli saya," jelasnya.


--

Teny RJ Berharap Sukses dengan Tuah Ganti Nama

Mengubah nama sepertinya memang seperti jadi sebuah ritual khusus bagi banyak penyanyi. Penyanyi Teny Budianti Suryani juga ikut-ikutan mengubah namanya menjadi Teny RJ agar bisa sukses dan mudah diingat.

Sadar butuh ciri khas untuk modal terjun di dunia hiburan, Teny mengandalkan goyangan khas cirinya yakni goyang angsa. Untuk single jagoannya, Teny mengandalkan 'Lo Gue End'.

"Lagunya tentang cewek yang dikhianatin cowoknya," katanya ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (17/3/2014).

Bukan perjalanan mudah bagi Teny menapaki karier sebagai seorang penyanyi. Ia juga mengaku pernah ditipu ratusan juta oleh oknum produser.

"Dijanjikan untuk tampil off air dan on air. Padahal saya sudah habis banyak dan penggemar menanyakan kapan rilis albumnya," ujar penyanyi kelahiran 12 Oktober 1993 itu.

--

Lucinta Luna Sempat Ganti Nama Hingga 7 Kali


 Ely Sugigi dan Dheddy, mantan bos Lucinta Luna sudah beberapa kali menegaskan bahwa Lucinta merupakan seorang laki-laki. Dheddy pun mengungkapkan bahwa Lucinta Luna sempat mengganti nama hingga tujuh kali.

"Saya tau namanya di dari awal sampai Lucinta Luna. Pertama namanya Muhammad Fattah, kedua ganti Cleo, ketiga ganti Cleo Fitri, keempat Thalita, keenam Thalita Fitri, ketujuh Ayluna Putri, Ayluna Cinta, Lucinta Luna itu namanya dia. Banyak namanya," ungkap Dheddy saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (6/4).

Lucinta pun memberikan alasan mengapa ia kerap kali mengganti namanya. Di samping itu, Dheddy juga membeberkan kisah Lucinta yang beberapa kali melakukan operasi.

"Masalah ganti nama kata dia 'kalau mau di dunia artis harus cari nama, itu hoki ya'. Dia cerita, pertama kali dia operasi payudara cerita, maksudnya suntik silikon. Operasi hidung dia cerita, tanam benang dia cerita-cerita, operasi juga ngerti kan maksud saya, dia juga cerita. Dari A sampai X dia cerita semuanya ke saya," jelasnya.

"Udah cantik muka dia. Aku ketemu dia 2015 udah cantik, dandan cewek lah," timpal Ely Sugigi.


---

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela Ganti Nama

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela resmi mengganti nama mereka masing-masing. Permintaan mereka telah dikabulkan oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (26/7).

Keduanya memiliki alasan tersendiri karena ingin mencalonkan diri dalam calon legislatif (caleg) Pemilu 2019 di masing-masing daerah mereka.

"Kan nama itu secara adab, nama Ahmad di depan. Sudah lama sejak nama saya Ahmad Dhani. Ayah saya memberi nama Dhani Ahmad Prasetyo, tetapi menurut saya adabnya yang benar Ahmad di depan," ujar Ahmad Dhani saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (26/7)

"Bisa juga seperti itu (pencalegan). Supaya pemilih lebih jelas ini yang Ahmad Dhani. Saya di Jatim 1, Gerindra," lanjut Dhani.

Sedangkan penggantian nama Mulan juga dengan alasan yang sama.

"Ya, Mbak Mulan kan nyaleg juga. Dari Garut lewat Gerindra," tambah Dhani.

Ahmad Dhani merasa banyaknya artis yang mencalonkan dirinya sebagai calon legislatif adalah hal yang wajar.

"Itu kan tergantung dari mereka kalau mereka dalam politik bisa mencari mahal ya kan nggak apa-apa. Halal-halal saja artis dapat mahal dalam pencalegan. Tapi kalau saya jelas bukan," tambah Dhani.


---


Mey Chan Ganti Nama

May Chan mengenalkan dirinya sebagai Dita Anggraeni. Benarkah itu tanda bubarnya Duo Maia?

Saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2018), Dita menolak Duo Maia dikatakan bubar. Ia menjelaskan grup itu tetap ada, meski dirinya sudah tidak lagi berada di satu payung dengan Maia Estianty.

"Duo Maia masih ada. Cuma aku sudah keluar dari manajemen Bunda, jadi kalau ada kerjaan, pisah, tapi kita tetap bisa satu panggung," ungkap Dita Anggraeni.

Pergantian nama itu ternyata sudah mendapatkan restu dari Maia Estianty. Meski tidak lagi bekerja sama di bawah satu manajemen, ia tetap menghormati ibu tiga anak itu sebagai kakak.


"Bunda cuma bilang, 'Risikonya kalau balik nama asli kamu balik dari nol, mengenalkan diri lagi ke orang'," ujarnya.

Lebih lanjut, Dita Anggraeni mengenalkan inilah dirinya yang sebenarnya. Lalu, bagaimana dengan aksinya di panggung ketika bersama Duo Maia?

"Ya bekerja dong karena saya bisanya ya harus jadi duit. Tapi kalau sekarang, karena sudah tua ngga ada tuntutan ekonomi, kerjanya lebih gimana caranya hobi dan talent bisa make money tapi nggak ambisi juga harus viral," jelas Dita Anggraeni.

Mantan rekan duet Maia Estianty, Mey Chan kini comeback ke panggung musik. Ia hadir dengan nama baru, Dita Anggraeni. Kenapa?

Padahal nama Mey Chan saat ini dinilai sudah cukup menjual untuk dirinya. Namun ada alasan lain mengapa ia kembali memilih nama aslinya itu.

"Karena nama asliku sebagai Dita dan mama lagi sakit, dia manggilnya, 'Dita, Dita, Dita.' Makanya aku mau balik nama asli aja," ungkap Dita ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2018).

Selain itu, pertimbangan lain datang dari manajemennya. Mereka sepakat untuk mengubah image Dita dan meninggalkan Meychan.

"Manajemen juga menyarankan ganti image. Maksudnya project baru aku kan out of the box, bukan lagu pop, benar-benar aneh dan ajaib gitu," urainya.

Saat ini, Dita mengaku lebih senang mengedepankan musik yang memang ia suka. Jika pop dengan sentuhan elektrik begitu kental saat dirinya bergabung di Duo Maia, saat ini ada sentuhan warna baru yang ia berikan.

"Terus terang lagu aku sekarang house music, itu musik kesukaan aku nomor satu. Aku tuh jarang dengerin pop malah," tandasnya.
(dar/nu2)
(dar/nu2)

---

Krisdayanti Ganti Nama Putra Bungsunya, Ini Alasannya

Krisdayanti mengubah nama putra bungsunya, Kellen Alexander Lemos. Bukan tanpa alasan, Krisdayanti mengubah nama Kellen karena sebuah mimpi.

"Jadi nama Kellen itu Kellen Alexander Lemos, nama ayahnya. Ayahnya mendapatkan satu mimpi bahwa dia harus menggunakan nama kakeknya, jadi kami alhamdulillah sudah mengganti nama Kellen," jelas Krisdayanti ditemui di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2017).

Sang diva pop mengatakan semua prosedur untuk mengganti nama sang anak sudah selesai dilakukan. Kini nama Kellen menjadi Kellen Alexander Lemos Lay.

"Sudah sidang, jadi Kellen Alexander Lemos Lay pakai nama kakeknya yang keturunan Chinese. Jadi akta, paspor yang berkenaan dengan namanya dia sudah diubah. Lay itu nama kakeknya. Lay, nama Chinese," pungkasnya.

Mengganti nama Kellen, KD dan Raul Lemos tak ada niat untuk mengganti nama anak pertama mereka, Ariannha Amora Lemos. Menurut KD nama Amora sudah komersil.


----


























Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Nama Asli Artis Indonesia yang ganti nama"

Posting Komentar